Author: Octaviani Nurhasanah

Ibu Iyoh dan PKK Kecamatan Kebon Jeruk

“Waktu itu tahun 75,” ujar Bu Iyoh memulai ceritanya. “saya harus datang ngeliat ke rumah-rumah orang yang anaknya udah lebih dari lima buat diajak KB. Tapi, Cuma yang anaknya udah lima. Kalau belum, ya enggak saya datangin.” Di awal BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) berdiri di tahun 1975, pemerataan program KB dilakukan dengan melibatkan PKK untuk turun ke masyarakat. Ancaman ledakan penduduk menjadi alasan utama mengapa program KB ini digencarkan di tahun-tahun itu. “Ada ibu-ibu yang udah punya anak lima dan suaminya agak enggak setuju sama KB,” begitu cara Ibu Iyoh menjelaskan. “Saya ketemuin istrinya. Saya tanya, mau...

Read More

Transportasi, Kota, dan Cerita Hidup di Dalamnya

Saya sedang di jembatan penyeberangan sore itu, ketika seorang teman menanyakan berapa lama saya ingin tinggal di Jakarta. “Sampai sepuluh tahun ke depan, gitu?” tanyanya. Melihat dari betapa saya banyak berkelana—kalau kata ini bisa dipakai untuk kebiasaan saya yang berpindah-pindah kota tinggal setiap beberapa tahun sekali—maka, bisa jadi saya juga akan pindah dari sini tidak lama lagi. “Kayaknya enggak,” jawab saya. “Emang lo kuat, ya, tinggal di Jakarta?” Jembatan penyeberangan di depan Halte Busway Gelora Bung Karno. “Kuat?” saya balik bertanya. Heran dengan pilihan kata yang dia pakai. “Iya, kuat. Ini kota penuh macet, jalanan penuh, lo tinggal di sini...

Read More

BERJALAN, TERUS BERJALAN

MENJADI HANTU kau berjalan di sisi trotoar sempit dan padat kota ini tanpa takut bersinggungan dengan orang lainnya  karena kau tembus pandang, kau tembus sentuh, kau memilih untuk menjadi hantu. di kelam dini hari, kau berdiri di jembatan penyeberangan itu, yang dulu pernah kau lewati dengannya di suatu siang—waktu itu kalian belum tahu bagaimana rasa musti dibinasakan dan memutuskan untuk menjahit jelujur hari ke hari, bulan ke bulan—untuk sampai ke kedai kopi yang kau suka dan dia pun coba untuk sukai. kau terlihat seperti bayangan putih dengan tengah dada memerah karena di sana pernah ada jantung, lalu jantung itu...

Read More

Siluet

Let’s go out in flames so everyone knows who we are ‘Cause these city walls never knew that we’d make it this far We’ve become echoes, but echoes are fading away So let’s dance like two shadows, burning out a glory day Catatan akhir tahun—yah, kayak biasa lah, yaaa…. Hehe. Akhir tahun ini hawanya kontemplatif banget dan saya suka itu. Saya emang suka mengenang lagi pengalaman atau kejadian apapun yang pernah terjadi di beberapa waktu yang sudah lewat. Bukan buat ngungkit-ngungkit, sih. Tapi, katanya—kata penelitan, sih, lebih tepatnya—kalau kita mengingat sesuatu, yang kita ‘panggil’ itu adalah ingatan ketika kita...

Read More

HALT (Hungry, Angry, Lonely, Tired)

HALT (Hungry, Angry, Lonely, Tired) by Octa | Kata Octa http://poddium.id/wp-content/uploads/2018/11/Halt-Edited.mp3 Tulisan ini juga bisa didengarkan versi audio-nya (dengan saya sendiri yang menyuarakan) di sini (klik player di atas), Spotify, dan iTunes Podcast. Halo … Mantemaaan~ Saya sakit. Seminggu belakangan. Kamu pernah ngerasa enggak waktu badan kamu beberapa lama menahan sesuatu—entah itu beban, kecemasan, atau lainnya—lalu di satu titik, kamu nyerah dan jatuh sakit? Nah, itu yang terjadi sama saya seminggu kemarin. Sebulan belakangan ini kayaknya saya emang capek dan banyak banget yang saya pikirin. Jangan bilang, “Udah syukuri, nikmatin ajaaa…. Masih banyak yang enggak seberuntung lo. Bahagia itu...

Read More

Trending Today

Recent Comments

Pin It on Pinterest